Hiburan Ala Rasulullah

Dunia hiburan semakin ramai karena disinilah tempat yang paling banyak diminati. Masyarakat butuh hiburan, apalagi ditengah kepenatan seperti sekarang ini. Hiburan adalah hal yang paling dicari. Lalu bagaimanakah Rasulullah dulu mendapat hiburan? Kegiatan apakah yang membuat Rasulullah merasa terhibur?

Tentu saja hiburan ala Rasulullah ini berbeda dengan hiburan yang sering kita lihat sekarang ini. Tidak ada pemborosan apalagi kemaksiatan seperti hiburan-huburan yang telah banyak kita saksikan. Kegiatan yang dilakukan Rasulullah memiliki banyak manfaat bukan hanya sekedar hiburan pelepas penat.

  1. Berkuda

Rasulullah senang berkuda karena banyak manfaat yang akan didapat dari menunggangi hewan tangkas berkaki empat ini. Berkuda melatih otot tubuh agar tetap bugar. Jenis olahraga ini merupakan salah satu jenis olahraga yang paling banyak digemari oleh anggota kerjaan. Selain kesehatan fisik, berkuda juga melatih tanggung jawab, kedisiplinan, kesabaran, dan kasih sayang terhadap makhluk lain.
”Panah dan berkudalah, dan kalian memanah lebih aku sukai daripada
kalian berkuda” (HR Nasai)

  1. Memanah

Banyak manfaat dari memanah yang bisa kita dapatkan. Memanah dapat meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh. Karena memanah melatih mata agar tidak salah sasaran. Lalu tubuh harus seimbang supaya anak panah tidak meleset. Memanah juga melatih konsentrasi dan fokus. Karena dalam memanah kita hrus membidik dengan tepat hingga anak panah kita akan mengenai target. Nah disinilah peran latihan konsentrasi dan fokus yang kita peroleh. Ketika anak panas melesat dan tepat sasaran, disanalah rasa kebahagiaan memenuhi hati kita hingga stress pun lenyap.
“Sungguh, dengan satu anak panah Allah memasukkan tiga orang ke dalam
Surga; yaitu pembuatnya yang dalam membuatnya mengharapkan kebaikan,
orang yang memanah dan orang yang mengambilkan anak panah” (HR Nasai)
3. Bercanda dengan istri

Keluarga terdekat adalah penghibur paling menyenangkan. Bagi seorang suami, istrilah penenang hatinya. Berbuat baik kepada istri akan menjadikan suami memperoleh predikat sebaik-baik suami. Rasulullah pun senang bercanda dengan istrinya. Masih ingat kisah Rasulullah yang berlomba lari dengan Aisyah? Rasulullah paling suka bercanda dengan istrinya. Didalam canda dengan istri ada banyak hikmah dan Allah memandang mereka dengan kasih sayang. Selain itu, bercanda dengan istri juga akan menyehatkan mental istri yang telah lelah berkutat dengan urusan rumah seharian di rumah.

Seperti sabda Rasulullah SAW bahwasanya:
”Tidak ada hiburan kecuali dalam tiga hal; seorang laki-laki yang melatih kudanya, candaan seorang terhadap isterinya, dan lemparan anak panahnya” (HR Nasai)
Sesungguhnya, hiburan tak perlu yang mahal atau mewah. Bahkan kita harus menghindari hiburan yang menyebabkan kesenangan setan yakni hiburan yang boros, hiburan yang berlebihan, dan hiburan yang mengandung kemaksiatan. Bagi seorang muslim hiburan yang berdasarkan tunturan Rasulullah adalah hiburan yang terbaik.

Wallahua’lam bishawab.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s