Penyakit Whan,..kitakah pengidapnya?

Berita internasional dari berbagai sumber telah menampakkan adanya penyerangan besar-besaran terhadap umat Islam. Palestina bahkan telah bertahun-tahun silam dilanda serangan dari Israel. Tak terhitung nyawa yang melayang. Bahkan sebagian besar dari negara Islam Timur Tengah berada dalam bencana. Kesengsaraan muncul dimana-mana.

Sayang, dibagian belahan bumi lainnya ada muslim yang sedang sibuk menghitung uang tabungannya. Ada juga yang sedang liburan ke berbagai negara indah di dunia. Ada yang sedang menghadiri konser penyanyi internasional. Ada yang tidur tenang dengan AC merek ternama. Ada juga yang sedang makan di restoran mewah.

Rasulullah mengatakan bahwa seorang muslim dan muslim yang lain itu bagaikan satu tubuh, jika satu bagian sakit maka yang lain akan ikut merasakannya. Lalu….

Dibagian manakah mereka itu?

Kenapa rasa sakit saudara sesama muslim samping rumah pun tidak terasa. Mudah saja membuang uang bahkan untuk hal hedonis. Membeli berbagai bulu mata mahal, rambut palsu, atau hanya sekedar cat kuku.

Siapa mereka itu?

Yang dengan santai menonton acara komedi di televisi dan tertawa terbahak-bahak. Sementara chanel lain memberitakan pertambahan jumlah korban konflik peperangan.

Tahukah kalian siapa mereka itu?

Yang setiap hari berdebat tentang siapa yang paling benar. Yang saling beradu pendapat tentang generasi terbaik. Yang membenarkan dirinya sendiri. Bahkan mereka itu bisa berpura-pura menyayangi hanya untuk dipandang baik orang lain.

Ada apa dengan mereka?

Adakah rasa getir dihati mereka akan derita saudara-saudara sesama muslim di Plaestina, Suriah, Yaman, dan negeri korban perang lainnya. Muslim ini, ada apa dengan mereka? Mereka melihat dan mendengar jeritan sakit saudaranya, tetapi lebih mempedulikan nafsunya.
Mungkinkah mereka sudah terjangkit penyakit wahn?

download-gambar-pemandangan-ombak-laut
Dari Tsauban, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Hampir saja para umat (yang kafir dan sesat) mengerumuni kalian dari berbagai penjuru, sebagaimana mereka berkumpul menghadapi makanan dalam piring”. Kemudian seseorang bertanya,”Katakanlah wahai Rasulullah, apakah kami pada saat itu sedikit?” Rasulullah berkata,”Bahkan kalian pada saat itu banyak. Akan tetapi kalian bagai sampah yang dibawa oleh air hujan. Allah akan menghilangkan rasa takut pada hati musuh kalian dan akan menimpakan dalam hati kalian ’Wahn’. Kemudian seseorang bertanya,”Apa itu ’wahn’?” Rasulullah berkata,”Cinta dunia dan takut mati.” (HR. Abu Daud no. 4297 dan Ahmad 5: 278, shahih kata Syaikh Al Albani. Lihat penjelasan hadits ini dalam ‘Aunul Ma’bud).

Penyakit wahn menjangkit siapa saja yang mengalahkan hati nuraninya. Bagi siapa pun yang tidak mempunyai rasa simpati untuk saudaranya. Karena terlalu sibuk dengan hingar bingar kehidupan hedonis. Mengejar kekuasaan dan ketenaran.

Lalu siapakah sebenarnya mereka itu?

Mungkin kamu….
Mungkin aku…
Mungkin kita….

Lihat dan sadari saja apa yang sedang kita lakukan sekarang?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s