Jangan menikahi laki-laki seperti ini

Jangan menikah dengan laki-laki ini

Siapakah pemimpin rumah tangga? Tentu jawabannya adalah suami. Seorang suami tentu akan menjadi seorang ayah. Tugasnya berat. Ilmunya harus banyak. Apalagi prakteknya harus benar. Karena dia memegang banyak amanah. Terutama keberlangsungan generasi.

Suamilah yang menjadi kepala rumah tangga sang pengambil keputusan. Untuk mengambil keputusan yang menyangkut hajat hidup seluruh keluarga suami harus punya pertimbagan yang matang. Itulah kenapa, seorang wanita harus berhati-hati dalam memilih pemimpinnya. Karena suami itu akan menjadi orang yang kita patuhi.

Para perempuan harus selektif. Laki-laki yang perlu dipikir ulang untuk dijadikan suami diantaranya :

  1. Lelaki yang tidak mau shalat

Sudah pasti ini tidak bisa dipilih oleh muslimah. Bisa jadi haram memilih lelaki yang tidak mau shalat. Bagaimana mungkin suami bisa mencegah dirinya dari perbuatan keji dan mungkar jika tidak shalat. Segera coret dari daftar calon suami jika dia memang tidak shalat.

إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ
“Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar.” (QS. Al ‘Ankabut: 45).

Ketika pencegahnya saja sudah tidak ada, maka sudah bisa dipastikan bahwa laki-laki seperti ini adalah pelaku perbuatan keji ataupun perbuatan mungkar.

  1. Lelaki yang tidak menundukkan pandangan

Lelaki begini tidak akan setia kepadamu. Dia akan selingkuh itu pasti. Karena dia tidak pandai menjaga matanya. Itu berarti tidak pandai menjaga nafsunya. Seenaknya dia akan menyalurkan nafsunya dengan menonton video mesum atau bahkan pergaulan bebas yang mengerikan.

Disebutkan dalam hadits Abu Hurairah r.a, Rasulullah saw. bersabda, “Allah telah menetapkan atas setiap Bani Adam bagiannya dari zina yang tidak bisa tidak pasti ia mendapatinya. Zina mata adalah melihat, zina lisan adalah berbicara, hati berangan-angan serta bernafsu dan kemaluan membenarkan atau mendustakannya.”

Laki-laki yang tidak menjaga pandangannya, maka ia tidak akan mampu menjaga matanya dari berzina. Dan jika terus berlanjut maka dia juga tak akan mampu menjaga bagian tubuhnya yang lain dari zina. Maka, jauhilah laki-laki seperti ini dan jangan beri kesempatan baginya untuk menjadi suami.

  1. Lelaki yang kebanci-bancian

Jika kamu ingin hidup tenang, maka jangan menikahi lelaki yang kebanci-bancian atau kemayu. Karena hal itu sudah jelas dilarang oleh Allah. Lelaki seperti ini cenderung memiliki jiwa feminim yang berlebihan. Jadi, dia tidak akan mampu mengayomi. Karena sifat ketangkasannya tidak ada maka dia dipastikan akan menjadi pengecut. Jangan terpengaruh sinetron komedi yang berisi para pria melambai.

Laki-laki itu harus tegas, tangkas, pemberani, dan bijak. Bahkan di zaman Rasulullah semua lelaki itu tegas. Mereka harus tegas dan tangkas karena mereka harus perang melawan musuh-musuh Allah. Bagaimana bisa menang jika yang perang laki-laki banci?

  1. Lelaki yang durhaka pada orang tuanya

Lelaki seperti ini tidak akan memperoleh keberkahan hidup. Dan tidak akan memperolah nikmat hakiki dari Allah. Karena sudah jelas lelaki seperti ini adalah lelaki yang tidak tahu terima kasih, tidak tahu diri, dan tidak mampu menghargai orang lain. Kepada orang tua yang sudah dengan segala pengorbanannya saja dia tidak menghargainya apalagi dengan anda yang belum melakukan apa-apa untuknya. Lelaki ini pun tak akan memberi teladan yang baik bagi keturunannya kelak.

  1. Lelaki pemaksiat

Lelaki yang gemar berbuat dosa tanpa mau diingatkan. Tidak mau bertobat. Hidup seenaknya sendiri. Tidak akan mampu menghargai keinginan orang lain. Dia tidak takut pada Tuhannya. Dan hanya tinggal menunggu adzab. Hidayah memang tidak ada yang tahu. Tapi pernikahan adalah bagaimana kita memberi contoh atau menjadi teladan bagi generasi penerus kita.

  1. Lelaki yang tidak dekat dengan orang tua laki-laki

Kenapa ayah? Karena ayahlah yang bisa mendidik dengan benar anak laki-lakinya. Jika anak laki-laki tidak dekat dengan ayah maka dia kehilangan figur contoh laki-laki dalam hidupnya. Akhirnya dia mencontoh siapa yang dekat dengannya misalnya ibunya, jadilah dia seperti ibunya. Seperti wanita. Seorang anak laki-laki harus dekat dengan orang tua laki-laki baik itu ayah, kakek, paman, atau pakde.

  1. Laki-laki yang suka berdandan

Nah, ini dia laki-laki zaman sekarang. Mereka lebih rajin melakukan perawatan dari pada perempuan. Terkadang menggunakan produk perempuan juga. Ini jelas tidak benar. Laki-laki yang suka berdandan tanpa tuntutan pekerjaan misalnya. Maka dia lebih mementingkan penampilan luar. Dan laki-laki seperti ini cenderung lelaki yang menyerupai perempuan.
لَعَنَ اللَّهُ الْمُتَشَبِّهِينَ مِنَ الرِّجَالِ بِالنِّسَاءِ ، وَالْمُتَشَبِّهَاتِ مِنَ النِّسَاءِ بِالرِّجَالِ
“Allah melaknat laki-laki yang menyerupai wanita, begitu pula wanita yang menyerupai laki-laki” (HR. Ahmad no. 3151, 5: 243. Sanad hadits ini shahih sesuai syarat Bukhari).

  1. Lelaki yang jarang sedekah

Laki-laki seperti ini akan menjadi pemimpin yang kikir alias pelit. Dia enggan bersedakah dan hanya menghitung untung dan rugi saja. Lelaki ini bisa jadi akan menjadikan istrinya susah. Atau malah membuat istri menjadi tulang punggung. Lelaki pelit tidak akan membuat wanita merasa nyaman. Karena hakekat wanita itu adalah dinafkahi. Sedekah itu membersihkan rejeki, jika tidak bersedekah berarti tidak membersihkan rejeki yang kita dapat. Bisa jadi, kita memakan hak orang lain.

Itulah beberapa lelaki yang lebih baik untuk tidak dipilih sebagai calon suami. Setiap orang memang mempunyai kelebihan dan kekurangan namun perempuan shalehah berhak mendapatkan lelaki yang qawwam. Sehingga mereka bisa berbakti kepada suaminya dengan ikhlas dan penuh rasa cinta dan sayang. Jikapun seorang wanita sholehah ternyata mempunyai suami yang demikian maka itu akan menjadi ujian baginya.

Wallhualam bishawab.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s