Kamu Ubanan??? Inilah 5 Penyebab Rambut beruban di Usia Muda

 

Coba cek rambutmu…..apa sudah ada rambut berwarna abu-abu atau putih disana? Kalau ia, berarti kamu sudah mulai beruban.

Serius  masih muda sudah tumbuh uban?

Jangan salah….. uban bisa muncul sewaktu kamu masih berumur 20an tahun lho bahkan ada yang muncul uban ketika masih usia belasan. Kadang banyak orang yang tidak menyadari kalau dikepalanya sudah tumbuh uban karena merasa masih muda. Tapi, mereka akan tersentak kaget begitu ada teman atau saudara yang melihat uban di kepalanya. Nah, uban bukan hanya hak paten milik kakek dan nenek kan? Usia 20an, belasan, dan anak-anak pun juga bisa ditumbuhi rambut putih atau abu-abu ini.

Ternyata munculnya uban dikepala meski kamu masih muda ada penyebabnya, yaitu;

  1. Kamu Super Stress

 

Stress bisa menjadi pemicu munculnya uban juga lho. Penelitian tentang rambut di New York University tahun 2013 yang diterbitkan oleh jurnal Nature Medicine menemukan bahwa stress menyebabkan  penipisan batang sel pada folikel rambut yang menyebabkan rambut berubah warna keabuan. Selain itu stress juga menjadi penyebab rambut menjadi lebih mudah rontok. Kurangi aktifitas yang menyebabkan kamu stres karena itu berpengaruh pada kondisi kesehatan rambutmu.

 

  1. Kamu Punya Masalah kesehatan

 

Uban juga menjadi indikasi bahwa kamu kurang sehat. Rambut yang berwarna abu-abu atau putih sebelum kamu berusia tua merupakan akibat dari kerusakan pada kelenjar tiroid atau pada kelenjar ptituari. Penyakit  Autoimun yaitu ada sel dalam tubuh yang menyerang kulit dan rambut diantaanya alopecia dan vitiligo yang juga menyebabkan rambut menjadi berwarna putih atau abu-abu.

 

  1. Kekurangan Vitamin

 

Kemungkinan lain kenapa rambutmu beruban diusia muda adalah karena kamu kekurangan asupan vitamin B12 . biasanya orang yang kekurangan B12 adalah orang-orang yang vegetarian, pengkonsumsi pil KB, atau penderita gastroentitis. Karena itu, jagalah keseimbangan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhmu terutama yang bermanfaat bagi rambutmu.

 

Makanlah makanan yang mengandung kadar B12 tinggi seperti makanan yang berasal dari laut yaitu ikan salmon, ikan tuna, kepiting, ikan haring, ikan sarden, caviar, ikan kod, dan kerang. Selain itu, daging sapi, keju, telur, dan daging ayam juga mengandung banyak vitamin B12 yang baik bagi rambut dan kulit.

 

  1. Mengkonsumsi Rokok

 

DR Jhin, seorang pakar kulit dan rambut menyatakan bahwa merokok adalah hal terburuk yang dapat merusak kulit dan rambut. Sebuah penelitian menunjukkan bukti bahwa faktanya seorang perokok rentan memiliki uban sebelum berusia 30 tahun. Hal ini juga berlaku bagi perokok pasif. Karena itu berhati-hatilah jika dilingkunganmu ada perokok karena seperti yang kita tahu bahwa perokok pasif beresiko lebih tinggi terhadap dampak buruk rokok.

 

  1. Keturunan

 

Selain faktor eksternal penyebab munculnya uban di usia muda adalah karena adanya faktor genetik. Kalau orang tuamu beruban di usia muda, maka kemungkinan besar kamu akan mengalami masalah yang sama.

 

Nah, faktor eksternal penyebab uban bisa kita atasi dengan pola hidup dan lingkungan yang lebih sehat. Karena segala keanehan dalam tubuh berawal dari pola hidup yang tidak sehat. Perhatikan apapun yang kita makan ataupun yang kita minum. Karena yang beanr-benar tahu kondisi kesehatan kita adalah kita sendiri.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s