6 Kebiasaan Makan Ini Bisa Memicu Depresi

Makanan seharusnya membuat kita lebih sehat, tapi kadang kita malah memakan makanan yang membuat kesehatan kita menurun. Makanan yang tidak sehat ternyata tidak hanya menyebabkan tubuh terkena penyakit tapi juga menurunkan keseahtan mental kita. Makanya, kita harus berhati-hati terahdap makanan yang kita makan.

Di zaman yang serba instan ini, banyak kita jumpai makanan cepat saji atau junk food seabgai alternatif makanan yang murah, cepat, dan enak. Tapi, makanan itu menyimpan banyak zat yang berbahaya bagi kesehatan kita baik tubuh maupun mental.  Bahkan ada zat makanan yang dapat memicu depresi. Nah, kamu harus mengurangi atau bahkan menghindari makanan yang didalamnya terdapat zat penyebab depresi itu. Kebiasaan Makan itu adalah:

1.Mengkonsumsi Kafein

kopi

Kafein kadang-kadang menjadi satu-satunya pilihan untuk membuat kita aktif sepanjang hari. Karena kafein bisa mengusir kantuk sehingga kita bisa tetap beraktivitas sepanjang hari. Sayangnya, terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman berkafein seperti kopi dapat memberi efek berbahaya bagi otak.

 

Menurut jurnal penelitian Young Investigator, kafein adalah zat candu. Kalau kamu sudah terbiasa minum kopi, maka tubuhmu sudah terbiasa dengan kafein didalamnya. Sehingga kalau kamu tidak minum kopi selama beberapa hari maka akan terjadi penurunan serotonin yang menyebabkan kamu merasa mudah cemas atau anxiety, mudah marah, dan sulit berkonsentrasi.

 

2.Banyak mengkonsumsi gula

 

Mengkonsumsi banyak gula  sama artinya dengan menumpuk penyakit didalam tubuh. gula juga dapat menurunkan kadar serotonin dalam tubuh. Akibatnya, tubuh akan kesulitan mengatur waktu kantuk, rasa sakit, jumlah karbohidrat, dan sistem pencernaan. Rendahnya serotonin menyebabkan kamu mudah merasa depresi.

 

Gula darah yang tinggi memperngaruhi tekanan darah dan naiknya kadar kortisol dalam tubuh. Yang kemudian menyebabkan naiknya hormon tiroid dan menjadi penyebab masalah pencernaan. Bahkan lebih berbahaya lagi tingginya kortisol bisa menyebabkan kemandulan dan keguguran janin.

 

3.Mengkonsumsi alkohol

 

Alkohol memang menjadi penyebab depresi yang paling berbahaya. Dampak dari mengkonsumsi alkohol memang belum ditampakkan secara langsung. Alkohol merusak neurotransmitter. Sehingga alkohol tidak hanya mengandung zat depresan tapi juga stimulan. Kalau otak sudah dirusak oleh zat yang terkandung didalam alkohol maka lambat laun kamu akan mengalami disfungsi pikiran, berbicara, dan pergerakan.

 

4.Banyak mengkonsumi gorengan

 

Siapa yang tidak suka gorengan. Camilan yang satu ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Padahal bahaya gorengan sedang mengincar siapa saja yang suka memakannya secara berlebihan. Makanan yang tidak sehat juga berbahaya bagi kesehatan mental. Gorengan dimasak dengan minyak jenuh dan mengandung lemak trans yang sangant berpotensi menyebabkan depresi.

 

5.Terlalu banyak garam

 

Siapa yang suka asinan. Mulai sekarang cobalah untuk mengurangi penggunaan garam dalam makanan yang akan kamu hidangkan untuk keluarga. Garam bisa menaikkan tekanan darah. Itu artinya, garam menjadi penyebab kamu mudah marah. Hindari makanan yang mengandung banyak garam terutama di malam hari. Karena di malam hari adalah saatnya tubuh untuk beristirahat. Banyak mengkonsumsi garam hanya akan membuat jantungmu bekerja lebih berat karena garam membuat jantung berdetak lebih cepat.

 

6.Melewatkan Sarapan

 

Melewatkan sarapan akan menyebabkan menurunnya tekanan darah. Hal ini akan menyebabkan otakmu kekurangan energi. Kalau kamu lapar maka emosi kamu mudah naik dan otakmu tidak dapat bekerja dengan semestinya. Melewatkan sarapan dan membuatnya menjadi sebuah kebiasaan akan memberi efek yang buruk untuk kesehatanmu dimasa yang akan datang. Kalau kamu tidak sarapan maka kamu akan sulit berkonsentrasi dan ini akan membuat hasil pekerjaanmu menjadi kurang memuaskan dan akhirnya kamu akan depresi karena pekerjaanmu.

Mulai sekarang perhatikan apa yang kamu makan. Karena ternyata makanan tidak sehat bukan Cuma memberi efek buruk pada tubuh tapi juga pada mental. Biasakn makan makanan sehat, hindari junk food, dan mulailah untuk mengurangi kafein berlebihan. Cuma kamu yang tahu seseaht apa tubuhmu karena cuma kamu yang merasakan tidak enaknya sakit. Jagalah dirimu sendiri supaya kamu juga bisa menjaga orang lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s