Ketika Anak Tak Punya Teladan

Meski ada orang tua. Tapi belum tentu si anak mempunyai teladan yang baik dalam hidupnya. Bisa jadi orang tuanya justru malah menjadi penyebabnya kehilangan keteladanan. Lalu apa yang akan terjadi ketika anak tak punya teladan?

Limbung. Anak tanpa teladan akan limbung. Siapa yang harus ia ikuti. Siapa tempatnya bertanya. Kemana ia harus mengadu. Anak membutuhkan orang tua atau yang menggantikan peran orang tuanya. Jika orang tuanya tak bisa menjadi teladan, maka ia harus dapatkan dari kakaknya. Jika tak ada kakak, maka ia haru sdapat dari kakek, nenek, paman, bibi atau anggota keluarga lainnya.

tips-supaya-anak-rajin-belajar-dan-mengaji

Namun banyak dalam masyarakat ketika teladan baik tak didapat dari orang tua, maka anak akan menjadi pribadi yang terluka jiwanya. Atau mereka akan menjadi pribadi yang jiwanya kosong. Tak ada yang memenuhi ruangan jiwanya. Ia terus mencari tiada henti. Tapi apa yang ia temui tak ada yang tahu.

Beruntung jika ia bertemu dengan orang yang baik, jika sebaliknyabagaimana? Sebab itulah, orang tua harus menjadi teladan yang baik bagi anaknya. Orang tua yang buruk akan mendidik generasi dengan cara yang buruk dan menciptakan manusia-manusia baru yang buruk. Karena buah jatuh tak jauh dari pohonnya.

Anak membutuhkan kasing sayang dan teladan yang baik dari orang tuanya lebih dari pada ia membutuhkan baju atau mainan yang baru. Pendidikan anak yang utama itu berawal dari rumah. Jika baik rumahnya maka baik pula ia dimaasyarakat kelak. Tapi, jika dirumah ia mendapatkan teladan buruk maka kecil kemungkinan ia akan berjuang untuk kebaikan.

hafiz

Sebisa mungkin, tingkatkan interaksi terhadap anak. Karena mereka kelak yang akan meneruskan perjuangan keluarga, bangsa, dan agamanya. Jika tak dididik dengan baik maka kita tidak akan pernah tau ia berjuang untuk papa. Bisa jadi untuk orang lain, untuk dirinya sendiri, atau bahkan ia tidak tahu berjuang untuk siapa.

Anak tanpa tujuan akan mudah dimanfaatkan orang lain. Akan mudah mengikuti arus. Serta mudah diatur oleh orang lain tanpa mampu atau punya keinginan untuk memilih kehidupannya sendiri. Atau sebaliknya ia hanya memikirkan dirinya sendiri tanpa peduli kepada orang lain. Ia akan manjadi manusia yang tidak mendengarkan hatinya apalagi nuraninya. Baginya hanya ada dia dan hanya kepentingannya yang harus diutamakan.

Ketika anak tak punya teladan yang terjadi adalah anak yang tidak mengerti tujuan hidup. Tidak memahami arti kehidupan. Bahkan, ia anak yang kelak akan menjadi pelawan takdirnya sendiri. Tanamkan teladan yang baik untuk anak sejak dari kandungan hingga ia mampu memilih yang baik diantara yang buruk, serta mampu memilih yang terbaik diantara yang baik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s